Sunday, April 5, 2015

// // 14 comments

Kunjungan Ke Sentra Bibit Asam Glugur Buluh Anwar, Sibolangit

Masuk dari jalan utama sibolangit, medan berastagi sebelah kiri, tibalah kami di Desa Buluh Anwar, Sibolangit. Tujuh kilometer sebelum tiba di Desa Buluh Anwar, menaiki troper memasuki perhutanan lindung lebat rimba belantara. Suasana alam begitu asri dengan jalan yang apa adanya, batu batuan dan sesekali aspal beton kw 3.


Tiba di Desa Buluh Anwar, kami berjumpa dengan Pak Abdi Tarigan yang merupakan Ketua Kelompok Tani sekaligus Sekda Desa Buluh Anwar. Usianya sekitar 37 tahun dan orangnya energik.

Singkat cerita kami dibawa menelusuri tapak pembibitan dan penkecambahan benih aren, cengkeh dan asam glugur. Susunan pebenihan dan pembibitan cukup bersih dan tertata rapi. Ibu ibu dan Bapak bapak tampak ramah dan bersahaja.


Menarik kami utamanya adalah pembibitan Asam Glugur. Asam Glugur yang dikembangkan dengan sistem stek akar, ada mulai dari disamping rumah rumah anggota kelompok tani sehingga di kebun pembibitan.

Memang sekali ini seumur hidup sebagi alumni pertanian, melihat langsung bagaimana bibit stek asam glugur begitu ramai dikembangkan di desa ini oleh penduduk setempat. Uniknya mereka kelihatannya hanya membibitkan asam glugur dan aren dan belum mengebunkan skala luas katakanlah 1 - 10 hektar.


Hari itu diketahui, akan ada kunjungan Bapak Bupati Karo beserta Muspikanya pada tanggal 26 April 2015. Jadi sehubungan maksud kita mencari bibit asam glugur, maka kami pun memesan sebanyak 600 bibit untuk sekalian membantu promosi Pak Abdi Tarigan.

Kami juga memesan 200 pohon petai. Kami berencana membuka seluas 3 hektar pertanaman asam glugur dan mulai tanam pada musim hujan tahun ini, sekitar oktober 2015.

Pada hari bersamaan kami memesan 200 bibit petai,dan membawanya pulang  langsung. Pohon petai anakan itu rencananya akan kita sambung pucuk dengan petai unggul

Beberapa hal yang perlu saya tambahkan dari lapangan adalah, asam glugur ternyata sangat rentan dengan hama monyet lampung "abu abu coklat besar", dan tidak untuk monyet kerek dan kia kia "hitam berekor panjang".

Bibit asam glugur rentan ditanam dilapangan saat masih kecil. Bibit asam glugur jika masih kecil "berdaun cabang 4-8" sebaiknya mengunakan naungan 80-90%. Tanaman asam glugur jika ditanam didaerah terbuka apalagi terik matahari akan kerdil, rontok daun dan dengan demikian terhambat proses budidayanya.
Bibit asam glugur dalam naungan

Benih biji asam glugur

14 comments :

  1. Minta tlg nohp pak tarigan nya sy mau order bibit asam glugur,tksh.Hp saya 085262851555

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ada jual bibit asam gelugur.
      15.000 / pokok. Tinggi setengah meter. siap tanam.

      Delete
    2. Saya ada jual bibit asam gelugur.
      15.000 / pokok. Tinggi setengah meter. siap tanam.

      Delete
    3. Saya ada jual bibit asam gelugur.
      15.000 / pokok. Tinggi setengah meter. siap tanam.

      Delete
  2. Saya berminat membudidayakan asam glugur, kalau boleh saya minta no kontak pak abdi tarigan untuk informasi bibit asal atek akar. No hp saya 081361649430

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yth. Pak Andhika...
      HP pak Badi tarigan 081262767575
      Info tambahan mungkin sekarang harga perstek rp 50.000,-
      kalo ke desa buluh anwar tanya saja orang sekitaran sibolangit pasti ketemu nanti...

      Delete
  3. Saya berminat membudidayakan asam glugur, kalau boleh saya minta no kontak pak abdi tarigan untuk informasi bibit asal atek akar. No hp saya 081361649430

    ReplyDelete
  4. Lokasi pak agus tynos dimana?
    Saya jg minat beli bibit adam gelugur..anto di medan

    ReplyDelete
  5. Saya berminat untuk menanam asam glugur juga. Berapa harga nya jika kita beli ditempat? Apakah boleh diantar ketempat saya?Kalau boleh berapa harganya kalau tempatnya di Kota Medan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf lama belum mengunjungi blog. Jika beli ditempat stek terakhir 30rb/stek ke Pak Badi Tarigan. Kalo bibit biji usia 7-8 bulan rp 7000,- ke Pak M.Isnaini, di Lima Puluh, semua belum termasuk transport.

      Delete
  6. Mau beli bibit biji nya ke pak M.Isnaini, lima puluh, ada no hp nya ga yah mbak, terima kasih, atau wa saya di 081263995399

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di websitenya dan facebooknya itu Pak Isnaini...fast response Pak Isnaininya...
      http://asamgelugur1.blogspot.co.id/

      lengkap ulasan beserta no kontak..smoga sukses Pak..

      Delete
  7. Saya lagi cari asam gelugur yang sudah di jemur kering kualitas exspor hubungi no 08116075230

    ReplyDelete
  8. MOHON NO BPK ABDI TARIGAN, PLEASE. EDI MANULLANG

    ReplyDelete